ZUMVU

prestasiglobal

  • depok, jawa barat, indonesia
Sekolah Prestasi Global adalah Sekolah yang mengusung ciri khas modern islami dimana terdiri dari 3 unit yakni KB , TK, & SD,
  • Sekolah Prestasi Global
  • depok, jawa barat, indonesia
Added on 20 February 2020

Pentingnya Pendidikan Karakter Di Sekolah

20 February 2020

Pendidikan karakter di sekolah merupakan elemen yang sangat penting untuk diterapkan di lingkungan sekolah. Dimana pendidikan ini memiliki fungsi sebagai pembentukan karakter dan juga moral siswa dalam berinteraksi di tengah masyarakat.


Di Sekolah Prestasi Global sangat mementingkan unsur pendidikan karakter dalam setiap kegiatan yang dilakukan di sekolah terutama dalam ajaran agama islam untuk membentuk akhlak yang lebih baik, santun dan menanamkan karakter kepada para peserata didik mengenai nilai – nilai agama islam.


Pendidikan karakter bisa di lakukan mulai dari hal yang paling kecil misalnya membiasakan anak untuk mencium tangan guru dan orang tua saat tiba disekolah, mengucapkan salam saat guru masuk ke kelas dan lainnya.


Apa itu pendidikan karakter? Secara formal pendidikan karakter memiliki definisi sebuah sistem pendidikan yang sistematis dan direncanakan untuk mendidik dan juga memberdayakan dan mengembangkan porensi peserta didik guna membangun karakter pribadinya sehingga mereka bisa tumbuh menjadi individu yang bisa memberikan manfaat bagi dirinya sendiri, keluarga dan juga lingkungan disekitarnya. Beberapa ahli juga mengemukakan pendapatnya mengenai definisi pendidikan karakter, antara lain :


1. T. Ramli

Menurut beliau, Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang esensinya adalah moral dan akhlak dimana hal tersebut bisa memberikan bimbingan kepada peserta didik agar menjadi individu yang lebih baik kepribadiannya.


2. Thomas Licklona

Menurut Licklona, pendidikan karakter di sekolah merupakan suatu usaha yang dilakukan secara sengaja untuk membantu peserta didik sehingga peserta didik tersebut bisa memahami, memperhatikan dan juga melakuka hal-hal yang beretika.


3. John W. Santrock

Menurut Santrock adalah pendidikan dengan pendekatan personal yang langsung ditujukan kepada peserta didik yang fungsinya adalah untuk melakukan hal-hal yang dilarang dalam norma-norma yang berlaku.


4. Elkind

Menurut Elkind bahwa pendidikan karakter adalah pendidikan yang dilakukan oleh tenaga pengajar untuk memberikan pengaruh pada karakter peserta didik. Dalam hal ini maknanya adalah pengajar memiliki oeran yang tidak hanya sebagai pengajar tetapi juga memberikan atau menjadi teladan dengan moral yang tinggi di lingkungan sekolah.


Secara umum bisa di simpulkan bahwa pendidikan karakter adalah pendidikan yang diberikan kepada peserta didik agar mereka bisa memiliki karakter dengan kepribadian dengan rasa moral yang tinggi, tidak hanya melakukan hal-hal yang dilarang secara norma, dan tenaga pendidik atau pengajar yang memiliki fungsi peran yang sangat penting untuk menjadi contoh teladan yang baik bagi para peserta didik agar mereka memiliki karakter yang baik pula.


Selengkapnya baca di : https://www.prestasiglobal.id/pentingnya-pendidikan-karakter-di-sekolah-dan-5-karakter-yang-harus-ditanamkan-sejak-dini/



Playgroup Terbaik di Depok

 

Daftar Sekolah SD terbaik di Depok 


Sekolah SD favorit di Depok 


Sekolah Playgroup di Depok 


Sekolah TK Islam Terbaik di Depok 


Sekolah SD Terbaik 


Kelompok Bermain (KB) di Tanah Baru Depok 


loader
View More